Jombang-MIS SABILIRRIDLO Hari pertama masuk sekolah pada semester kedua, Selasa (7/1), kegiatan pembelajaran kelas 5 di MISABILIRRIDLO SARIREJO JOMBANG diawali dengan refleksi diri. Tidak langsung masuk pembelajaran.
Hal apa saja yang perlu ditinggalkan agar hasil belajar di semester kedua bisa lebih baik? Sebuah pertanyaan dari seorang guru pada saat refleksi diri.
“Bermalas-malasan serta mengurangi bermain game dan HP,” ungkap Bayu, salah satu ketua siswa kelas 5, saat diminta menyampaikan refleksi diri di depan kelas.
Setidaknya, ada enam pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta didik saat melakukan refleksi diri. Yaitu, perasaan apa yang sering dirasakan selama pembelajaran di semester pertama? Pengalaman belajar yang paling tidak menyenangkan dan tidak berharap terulang lagi di semester kedua?
Kemudian, pengalaman belajar yang paling menyenangkan di semester pertama dan berharap terulang kembali di semester kedua? Hal-hal apa saja yang harus dilakukan agar hasil belajar lebih baik di semester kedua?
Hal-hal apa saja yang harus ditinggalkan agar hasil belajar lebih baik di semester kedua? Terakhir, pembelajaran yang seperti apa yang diharapkan di semester kedua?
Banyak manfaat yang didapat guru ketika melakukan refleksi diri di awal kegiatan pembelajaran. Di antaranya sebagai motivasi ekstrinsik. Seperti yang disampaikan Aziz Asyhar, kepala Madrasah MI SABILIRRIDLO.
“Selain memberi motivasi tersendiri di awal masuk sekolah, kegiatan refleksi diri juga dapat membantu guru dalam menentukan strategi belajar-mengajar di awal kegiatan pembelajaran,” tuturnya.
Dengan kegiatan semacam ini, kata dia, MIS SABILIRRIDLO berupaya memberikan jaminan mutu kualitas pendidikan dan pembelajarannya kepada masyarakat.
Irma/Wali Kelas 5