Joint Monitoring GESID Bersama LP Ma’arif NU PBNU Dan Danone Indonesia

Gerakan Sehat Indonesia (GESID) bersama Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU) PBNU dan Danone Indonesia mengadakan Joint Monitoring GESID di Aula Al Hikam Jombang pada tanggal 31 Maret 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh para tamu undangan yang terdiri dari 1 pendamping dan 1 duta yang merupakan perwakilan dari masing-masing sekolah yang berpartisipasi dalam GESID. Acara berlangsung dari pukul 14.00 hingga 18.30 WIB. Ahad (31/03/2024)

Acara diawali dengan sambutan-sambutan:

  1. Bapak Masrukhin, M.Pd selaku ketua LP Ma’arif NU Jombang
  2. Bapak Sunan Fanani, S.Ag., M.Pdi selaku PW LP Ma’arif NU Jawa Timur
  3. Bapak Drs. H. Harianto Ogi selaku Sekjen LP Ma’arif NU PBNU

Kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari 4 duta GESID tentang program GESID dan pengalaman mereka dalam mengimplementasikan program GESID di sekolahnya masing-masing. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan pengalaman diseminasi GESID di Bali. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan alat-alat kesehatan kepada sekolah-sekolah yang berpartisipasi dalam GESID. Acara ditutup dengan buka bersama seluruh tamu undangan.

Program GESID dilatarbelakangi oleh tingginya angka stunting yang dialami terutama oleh generasi Z. Banyak anak generasi Z yang kurang memperhatikan gizi karena pola konsumsi yang tidak baik. GESID mengajak generasi muda untuk mengenal dan mengatasi masalah gizi.

Ada 3 program GESID, yaitu:

  • Kesehatan Gizi: Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang gizi seimbang dan pola makan sehat.
  • Kesehatan Anak: Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang kesehatan anak, termasuk imunisasi, sanitasi, dan kesehatan mental.
  • Pernikahan Dini: Program ini bertujuan untuk mencegah pernikahan dini dan meningkatkan pengetahuan siswa tentang kesiapan pernikahan.

Berikut isi dari presentasi 4 duta GESID:

  1. Amelia Nova Chacabila dari MA Al Hikam Jombang yang memaparkan tentang kegiatan Aku Peduli, Aku Sehat, Aku Bertanggungjawab
  2. Rifda Azzahra Putri dari MTs Miftahul Ulum yang memaparkan Sehat Gizi, Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, dan Sehat Jiwa
  3. Riska Nur Aini dari SMP Islam Ngoro yang memaparkan tentang program Isi Piringku dan Jum’at Sehat
  4. Mega Lauren dari SMK Unggulan NU Mojoagung yang memaparkan tentang Bank Sampah, Jum’at resik, Sarapan Sehat, Donor Darah, dan Edukasi Kesehatan

Usai presentasi oleh para duta GESID, Gus Irfan memberikan apresiasi terhadap program program yang sudah dilaksanakan di sekolah untuk mewujudkan generasi sehat. Beliau berharap untuk selanjutnya mereka terus melanjutkan kegiatan kegiatan tersebut dan mendiseminasikan ke sekolah lain.

Salah satu apresiasi lain yang mendapatkan banyak appaluse adalah presentasi dari ananda Amelia. Para hadirin mengagumi program yang dilaksanakan MA Al Hikam dimana salah satunya memberi makanan dan minuman (misalnya susu, telur, pisang, teh tin, makan siang, dan roti) gratis untuk siswa siswinya dalam rangka perbaikan Gizi.

Melalui program GESID, diharapkan generasi muda dapat menjadi agen perubahan dalam mewujudkan generasi yang sehat dan bebas stunting.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LOGIN