Menuju Madrasah Intrepreneur

JOMBANG- Senin, 22 Januari 2024. Pagi yang cerah, aktifitas siswa-siswi MISS AR-ROHMAN Nglaban berjalan sebagaimana biasanya dengan penuh keriangan dan kegembiraan.

Tak diduga beberapa orang guru dan karyawan terlihat mengkondisikan lokasi, tak selang beberapa lama, seorang tukang dan beberapa kuli menggali tanah, ternyata ada salah satu program yang akan dilaksanakan oleh madrasah.

Madrasah intrepreneur itulah istilahnya, pilihan program madrasah yang sudah dirancang sebelumnya. Sangat logis dan wajar jika beberapa tahun terakhir ini, MISS AR-ROHMAN secara perlahan mematangkan dan memantapkan beberapa langkah dan kegiatan untuk mendukung tercapainya madrasah, menjadi madrasah intrepreneur.

Untuk mencapai madrasah intrepreneur, ternyata tidak semudah membalik telapak tangan. Sementara sampai saat ini yang dilakukan oleh MISS AR-ROHMAN adalah, mendirikan kantin sehat yang dijalankan oleh paguyuban wali murid, mengadakan market day yang dilaksanakan oleh anak-anak walaupun sifatnya insidental, serta mendirikan koperasi madrasah yang sudah berjalan lama, namun masih butuh pengembangan.

Setelah kami mewawancarai beberapa orang, baik guru maupun wali murid, jawaban mereka rata-rata sama; dengan adanya relokasi pembangunan dan pengembangan gedung koperasi MISS AR-ROHMAN, yakni sangat setuju dan mendukung atas dibangun dan dikembangkannya koperasi madrasah, karena dengan adanya koperasi, siswa dan guru akan lebih mudah mendapatkan barang-barang kebutuhan sekolah, tanpa harus ke toko yang lebih jauh jaraknya.

Lia Maslihah, koordinator koperasi MISS AR-ROHMAN mengatakan, “saya sangat mendukung dengan dibangunya koperasi madrasah, karena salah satu penyebab majunya sebuah lembaga pendidikan adalah punya unit usaha, menjadikan lembaga lebih mandiri dan melatih anak-anak untuk terampil berwira usaha sejak dini.” Hal ini tidak jauh beda dengan apa yang disampaikan oleh Suci Rahayu, salah satu guru MISS AR-ROHMAN Nglaban, “saya sangat setuju dengan dibangunya koperasi madrasah, karena dengan demikian madrasah dapat melatih siswa untuk menjadi orang yang bertanggung jawab, bekerja sama, jujur dan terampil, yang nantinya akan menjadi bekal mereka ketika sudah terjun di masyarakat.

Seiring do’a semoga MISS AR-ROHMAN semakin maju dan jaya. (@b.id)

2 komentar untuk “Menuju Madrasah Intrepreneur”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LOGIN